Senin, 23 April 2012

Pidato Pendidikan I


Assalamualaikum wr.wb
Pertama marilah kita panjatkan puji syukut ke Hadirat Allah Swt yang mana pada hari ini Allah masih memberikan nikmat kesehatan serta kesempatan sehingga kita dapat hadir ke SMPN 42 batam yang kita cinta ini. Tidak lupa sholawt serta salam selalu kita kirimkan ke Baginda besar Nabi Muhammad Saw yang membawa zaman yang penuh dengan kebodohan ke zaman yang penuh dengan pendidikan serta teknologi yang kita rasakan sekarang kini.
Yang terhormat, Ibu kepala SMPN 42 Batam
Yang terhormat, Bapak/Ibu guru SMPN 42 Batam
Serta teman-teman senasib seperjuangan yang saya banggakan
Hadirin yang berbahagia
Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam mengusahakan mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Ini berarti bahwa semua manusia yang ingin sukses harus menempuh jalur pendidikan. Dan pendidikan ini terbagi menjadi dua, yaitu:
1. Pendidikan Non-moral, yaitu pendidikan yang menyangkut dengan ilmu pengetahuan        dan teknologi.
2.Pendidikan Moral, yaitu pendidikan yang menyangkut dengan pendidikan budi pekerti serta agama. Pendidikan moral ini terjadi secara tidak langsung dalam kehidupan pergaulan kita sehari-hari. Dan pendidikan moral ini lah yang sangat susah sekali di ajarkan, karna pendidikan moral ini harus dimulai sejak dini.
Akan tetapi antara kedua pendidikan ini, banyak orang tua yang hanya memfokuskan anak nya hanya untuk pendidikan Non-Moral saja, melupakan pendidikan moral nya. Sehingga muncul lah masalah demo mahasiswa yang yang tidak berppendidikan, muncul lah para pemimpin yang tidak amanah, yang hanya bisa menyengsarakan rakyat nya. Inilah akibat, ini lah dampak dari kurang nya pendidikan Moral di negeri yang kita cinta ini. Orang hanya memperdulikan Pendidikan Non-Moral, mengesampingkan pendidikan Moral, sehingga banyak lah muncul manusia-manusia yang pintar akan tetapi tidak mempunyai moral.
Hadirin sekalian yang berbahagia
Saya berpesan kepada seluruh teman-teman ku disini, kita adalah geneasi muda, generasi penerus bangsa ini. Mari lah kita raih pendidikan setinggi-tinggi nya tanpa mengesampingkan Pendidikan moral untuk memajukan Negara Indonesia yang kita cintai ini serta membuktikan kepada dunia bahwa Negara Indonesia adalah Negara yang berpendidikan serta Negara yang cinta damai.
Sekian lah pidato yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kata yang kurang pantas, tutur kata yang kurang teratur, dan ucapan yang kurang berkenan.
Sebelum saya tutup pidato ini, ada satu pesan dari saya yang mana pesan ini saya kutip dari Pidato Presiden Amerika Serikat ke-35 yang berkata
Don’t ask what your country can do for you, but ask what you can do for your country
Jangan tanyakan apa yang Negara dapat perbuat untuk Anda, tetapi tanyakanlah apa yang dapat Anda perbuat untuk Negara.
Wabillahi taufik walhidayah, warido walinayah
Wassalamualaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar