Rabu, 25 April 2012

Pidato:Kebersihan Kota Batam




Assalamualikum Wr.Wb.

Yang terhormat dewan juri yang arif dan bijaksana.
Yang terhormat Bapak Ibu guru pendamping.
Dan juga peserta-peserta PORSENI tingkat Provinsi KEPRI.

Pertama-pertama marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadiran Allah SWT. yang mana pada kesempatan yang berbahagia ini kita masih bisa berkumpul di…………. untuk melaksanakan lomba PORSENI tingkat KEPRI.Tidak lupa juga Solawat serta Salam selalu kita kirimkan ke Baginda besar Nabi Muhammad SAW.dengan mengucapkan Allahummasolli alla sayyidina Muhammad waala alihi sayyidina Muhammad.Mudah-mudahan kita mendapat syafaatnya kelak di Yauimil Akhir Amin ya Robbal Alamin.

Izinkanlah saya pada hari ini berpidato dengan tema KEBERSIHAN LINGKUNGAN KEPULAUN RIAU.

Sebelum saya berbicara banyak saya ingin berpantun sedikit

Bermain gasing di dekat pura
Gasing beradu terbelah dua
Bagaimana menyabet Adi Pura
Galang persatuan kita semua

HADIRIN YANG BERBAHAGIA.

Berbicara mengenai kebersihan yang dalam konsep agama Islam kita kenal                                      dengan “Thaharah” yang pada hari ini secara makruh saya beri kupasan tentang Islam;
Ramah lingkungan adalah suatu hal yang visioner dalam kehidupan ini, karena tanpa itu,kita akan selalu menjadi keterbelakangan, bahkan dalam memenej diri kita sendiri, apalagi keluarga, masyarakat, dan bangsa ini.

Oleh sebab itu, komitmen kita terhadap lingkungan perlu mendapat perhatian yang serius sebagai upaya dalam menciptakan lingkungan yang bersih, sekaligus membangun suatu per adaban sebagai  mental building pembangunan awal daerah ini.
Bukankah: Kebersihan itu sebagian daripaa Iman

Bukankah itu sudah selaras dengan konsep agama kita “Thaharah” modal utama dalam melaksanakan ritual peribadatan.

HADIRIN YANG BERBAHAGIA.

Pemerintah dan masyarakat serta kita semua telah berazam, akan menjadikan KEPRI sebagai Bandar Dunia yang Madani tolok ukur utama tentu adalah lingkungan yang ramah, lingkungan yang bersih, dan lingkungan yang bertamadun pada falsafah kehidupan kita di daerah ini, oleh sebab itu piranti utama kita menjaga kebersihan secara maksimalis terhadap tuntunan dan dinamika Provinsi KEPRI ini.

Beberapa waktu lalu Kota Batam berada di suasana kritis dengan julukan BATAM KOTA TERKOTOR, namun dalam usaha maksimal masyarakat Batam, seluruh elemen bahu-membahu, menciptakannya menjadi Kota Terbesih hal ini di tandai dengan diraihnya ADIPURA TAHUN 2007 DAN TAHUN 2008 .Mengapa hal ini bisa terjadi? Tentu karena adanya rasa persatuan,semua rakyat Batam saling bahu-membahu.Dan apa bila Provinsi KEPRI yang kita cintai ini ingin menjadi Bandar Dunia yang Madani berarti kita harus bersatu padu dalam menjaga kebersihan kebersihan yang bertujuan untuk mewujudkan Bandar Dunia yang Madani di Provinsi KEPRI yang sangat kita cintai dan sangat kita banggakan.

HADIRIN DAN DEWAN JURI YANG BERBAHAGIA.

Semua agama sangat menganjurkan kebersihan, mulai kebersihan pakaian, kebersihan makanan, kebersihan diri, kebersihan perkataan hingga kebersihan hati, semua itu berpadu dalam kebersihan lingkungan kita sebagai cermin hidup yang madani dimana kita berada.Sebuah lagu mengingatkan kita untu selalu kebersihan hati.

JAGALAH HATI JANGAN KAU NODAI JAGALAH HATI LENTERA HATI INI.

Kita menyadari, apapun yang kita lakukan harus sistematis dan terencana sebagai langkah dinamis daLam menyusun tahapan-tahapan sebagai proses dinamika kegiatan kita.
Bukankah Allah telah mengingatkan kita yang mana artinya:

…”Telah tampak kerusakan di darat daN di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”….

HADIRIN YANG BERBAHAGIA.

Dari pidato singkat yang saya sampaikan tadi kita bisa mengambil kesimpulan:
  1. Kebersihan diri.
  2. Membiasakan hidup bersih.
  3. Dengan pembiasaan hidup bersih oleh masyarakat Kota maupun Kabupaten mudah- mudahan mampu mewujudkan Provinsi KEPRI sebagai Bandar Dunia yang Madani sehingga meraih penghrgaan ADIPURA.

Sebelum saya tutup pidato saya akan sedikit berpantun:


Naik sampan ke Singapura
Singgah sebentar di Tg.Uban
Agar KEPRI meraih ADIPURA
Mari jaga kebersihan lingkungan

 Timba air di dalam perigi
Air diminum di pagi hari
Bersih diri bersih hati
Cermin hidup masyarakat madani.

Cukup sekianlah pidato singkat saya mudah-mudahan bermanfaat bagi kita terutama saya sendiri dan apa bila saya ada salah kata atau perbuatan mohon dimaafkan karena saya adalah manusia biasa yang tidak luput dari salah dan shilap.


Akhirul Kalam Wabillahi taufikwalhidayah
WASALAMUALAIKUM WAROH MATULLAHI WABROKATUH

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar